My Life Stories | Informations | Hot Issues


Senin, 04 Juli 2011

Siapakah Penemu Indonesia ?

Indonesia telah lama berdiri sebagai negara yang merdeka. Namun, tahukah anda, siapa penemu Indonesia?

Indonesia sebenarnya adalah sebuah istilah yang digunakan oleh para ahli ilmu pengetahuan. Istilah ini pertama kali digagaskan oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama George Samuel Windsor Earl dalam karya ilmiahnya. Dia berpendapat bahwa bangsa yang tinggal di kepulauan disebut dengan nama Indu-nesian dan Melayunesians. Earl menuliskan pendapatnya ini pada tulisannya yang ia buat pada tahun 1835 hingga 1850. Namun, Earl belum menetapkan nama yang pasti untuk penyebutan kepulauan tersebut, meski dia telah menemukan 2 kata tadi.



Ada juga seorang Inggris lainnya yang bernama James Richardson Logan yang menulis karangan ilmiah berjudul The Ethology of The India Archipelago pada tahun 1850 dalam sebuah jurnal bernama Journal of The Indian Archipelago and Eastern. Dalam jurnal tersebut, ia menuliskan bangsa kepulauan sebagai Indonesia. James juga menyebut penduduk tersebut dengan kata Indonesia.

Nama Indonesia semakin populer melalui tulisan orang Inggris bernama Maxwell dalam tulisannya yang berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) pada tahun 1862. Selain itu, ada juga ahli ethologi yang lain, Adolf Bastian, seorang Jerman yang menggunakan nama Indonesia pada tahun 1884 dalam tulisannya yang diberi nama Indonesien Older Inseln Des Malayischen Archipels.


Kemudian, seorang ahli hukum adat yang bernama C. Van Vollenhoven juga sering menggunakan nama Indonesier sebagai pengganti nama Inlander dalam karangannya yang diberi judul Het Adatrecht van Nederlands-Indie. Orang asli Indonesia yang mula-mula menggunakan nama Indonesia adalah Suwardi Suryaningrat atau yang lebih kita kenal dengan nama Ki Hajar Dewantara. Beliau menggunakan nama Indonesische Pers-bureau sebagai nama sebuah biro pers ketika dibuang ke Belanda tahun 1913. Kemudian, nama Indonesisch juga digunakan sebagai pengganti Indisch ( Hindia ) oleh Prof. Cornelisvan Vollenhoven pada tahun 1917.

Nama Indonesia diketahui berasal dari bahasa Yunani, yaitu Indo ( India / Hindia ) dan Nesos ( kepulauan ). Dengan kata lain, Indonesia berarti Kepulauan Hindia atau India. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan nama Nusantara, yang berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu Nusa ( pulau ) dan Antara ( hubungan ).


Bangsa Indonesia pertama kali menggunakan nama Indonesia secara politik. Istilah Indonesia untuk pertama kalinya digunakan oleh Perhimpunan Indonesia, yaitu organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di Negeri Belanda pada tahun 1908. Organisasi tersebut pertama kali bemama Indische Vereeniging. Kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922. Selanjutnya pada tahun 1922 juga namanya diganti Perhimpunan Indonesia.

Pada tahun 1928 Kongres Pemuda II di Jakarta menggunakan istilah Indonesia dalam hubungan dengan persatuan bangsa. Kongres Pemuda tersebut pada  tanggal 28 Oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia. Istilah Indonesia secara resmi  digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan  proklamasi kemerdekaan Indonesia.


Lalu siapakah penemu Indonesia yang sebenarnya? itu tergantung pendapat anda. Kalau saya sendiri berpendapat bahwa Indonesia bukan ditemukan, melainkan didirikan.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks

bloggerid mengatakan...

penemu bahasa indonesia adalah nenek moyang melayu riau ..namanya bahasakan bukan ditemukan tapi datang sendiri dalam hati menurut ilham . jdi penemunya dn penciptanya Allah . Jerawat.id

abdul afs mengatakan...

Wagu peA

jessica mengatakan...

http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/pria-ini-nekat-membesarkan-otot-sebesar.html
http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/cerita-driver-ojek-online-yang-antar.html
Berbagi cerita itu indah , mari coba dibaca :D

jessica mengatakan...

http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/berapa-perbedaan-jarak-usia-pasangan.html
http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/5-kebiasaan-sederhana-yang-sering.html
Berbagi cerita itu indah , mari coba dibaca :D

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2011. Pop Dyo Up ! . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Modified by Dyo Herman . Published by Borneo Templates