My Life Stories | Informations | Hot Issues

Jumat, 24 Juni 2011

Big Brother, Reality Show yang Sesungguhnya !

" ini dia, Big Brother Indonesia. acara reality show yang sesungguhnya, tanpa skenario, skrip sehingga tidak ada rekayasa. "
akhir-akhir ini buat pemirsa setia TransTV, pasti sering mendengar kalimat tersebut. yup, Big Brother Indonesia, yang mulai tayang pada tanggal 10 April 2011 (Kick Off) dan masih berlangsung sampai sekarang telah menjadi salah satu acara reality show tersukses ! maklum saja, di 70 negara lain, acara ini juga sukses lo. Berikut akan saya jelaskan lebih lanjut tentang acara ini.


Program Big Brother Indonesia menggunakan simbol mata yang pupilnya bermakna sebuah lensa kamera, mengartikan bahwa setiap gerak-gerik para peserta akan selalu diawasi oleh puluhan kamera selama 24 jam penuh. Program acara realitas ini menghadirkan drama, konflik dan percintaan hasil dari interaksi manusia dengan karakter yang berbeda dan disatukan dalam sebuah rumah. Tidak ada interaksi dan komunikasi sama sekali dengan dunia luar. Ada peraturan yang harus dipatuhi dan tugas yang harus dipenuhi, yang juga bisa menghasilkan hadiah atau hukuman. Setiap minggu akan ada peserta yang di deportasi berdasarkan SMS penonton, nominasi yang diajukan oleh peserta lain, dan tentunya yang ditetapkan oleh panitia Big Brother Indonesia. Pada akhirnya, akan ada 1 peserta yang bertahan di rumah Big Brother Indonesia dan berhak mendapat hadiah utama bernilai milyaran rupiah.



Format Acara

Dari perspektif sosiologis dan demografis, format ini memungkinkan untuk menganalisis tentang bagaimana orang bereaksi ketika dipaksa terkurung dengan orang-orang yang berada di luar zona kenyamanan mereka, karena mereka mungkin memiliki pendapat atau cita-cita berbeda dari kontestan lain. Memang, format ini cocok untuk analisis seperti itu karena penonton diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana orang bereaksi di luar melalui rekaman konstan tindakan mereka dan juga apa yang mereka rasakan di dalam melalui Kamar Pengakuan / Diary Room atau yang lebih kita kenal dengan nama " Ruang Big Brother ". Hasil dapat berkisar dari konfrontasi kekerasan atau kemarahan maupun hubungan yang tulus (sering termasuk selingan romantis), memberikan hiburan kepada masyarakat.

Asal Nama

Big Brother adalah karakter fiksi dalam novel George Orwell‘s Nineteen Eighty-Four. Dia adalah diktator misterius Oseania, sebuah negara sosialis totaliter di mana Partai berkuasa memegang kekuasaan total untuk kepentingan sendiri atas nama penduduk.
Dalam masyarakat yang Orwell jelaskan, setiap orang di bawah pengawasan lengkap oleh otoritas, terutama oleh telescreens. Orang-orang selalu diingatkan dengan ungkapan ini “Big Brother mengawasi Anda“, yang merupakan inti “kebenaran“ sistem propaganda di negara ini. Sejak publikasi Nineteen Eighty-Four, istilah “Big Brother“ telah memasuki leksikon sebagai sinonim untuk penyalahgunaan kekuasaan pemerintah, khususnya dalam hal kebebasan sipil.
Ya dari sini kita sudah tahu konsep acara ini dengan mengawasi semua peserta dengan kamera memang mirip dengan novel Orwell. Bahkan Orwell sendiri pernah menuntut CBS di pengadilan Chicago karena tuduhan pelanggaran paten, akhirnya CBS memilih berdamai dengan Orwell.



nah, penasaran kan sama acara aslinya? makanya nonton aja langsung setiap Senin s/d Jumat pukul 19.00 WIB ( Daily Show ) dan setiap Sabtu pukul 20.00 WIB ( Malam Deportasi ) hanya di TransTV.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2011. Pop Dyo Up ! . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Modified by Dyo Herman . Published by Borneo Templates